Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh
metode pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Rahmat Islamiyah Medan.
Sedangkan yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperative Script , Repetition Terhadap Hasil
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Rahmat
Islamiyah Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, penelitian
eksperimen ini masuk ke dalam kategori penelitian kuantitatif. Populasi ini
diambil dari seluruh siswa SMP Rahmat Islamiyah sebanyak 50 orang dan
Sampel yang diambilsebesar 25 siswa di kelas VIII-A dan 25 siswa di kelas VIII-
D. Penelitian ini dilakukan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data
yaitu tes, dokumentasi, dan observasi Pengolahan data ini menggunakan rumus
product moment, validitas, reliabilitas, danuji hipotesis. Berdasarkan hasil
analisa data yang diperoleh dengan menggunakan koefesien korelasi product
moment dengan table nilai r pada taraf signifikan 5 % dan 1 % yaitu 0.3961
>0.3882> 0,769 dan dapat disimpulkan bahwa adanya “ pengaruh terhadap hasil
belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Rahmat Islamiyah Medan dengan
menggunakan metode pembelajaran Cooperative Script