Abstract:
Pelajaran Al-Qur’an Hadist masih merupakan sesuatu hal yang dianggap sulit
oleh peserta didik MTs Persiapan Negeri 04 Medan, dari masalah-masalah konsep,
rumus-rumus, maupun penerapannya. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah
Apakah ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa setelah dilakukan model
pemebelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist disekolah MTs
Persiapan Negeri 04 Medan?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berjenis eksperimen, subjek
penelitian yang dikenai adalah siswa MTs Perispan Negeri 04 medan yang berjumlah 30
siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian diperoleh Hasil nilai dari korelasi product moment adalah rxy =
0,602 yang berarti bahwa ada korelasi cukup tinggi dan Hipotesis Alternatif (Ha): ada
pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil
belajar siswa di MTs Persiapan Negeri 04 Medan diterima. Persentase kenaikan nilai
adalah 77,33% sehingga dapat dikatakan dalam kategori baik. Kesimpulan ada
pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Tutor Sebaya terhadap hasil
belajar siswa di MTs Persiapan Negeri 04 Medan.