Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP swasta Rahmat Islamiyah

Show simple item record

dc.contributor.author Nurasima, Ida Fitri
dc.date.accessioned 2020-09-01T02:57:19Z
dc.date.available 2020-09-01T02:57:19Z
dc.date.issued 2020-08-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5037
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Smp Swasta Rahmat Islamiah. Populasi yang di ambila dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Smp Swasta Rahmat Islamiah sebanyak 144 siswa. Sampel ini di ambil dengan penentuan sampel secara acak (random sampling) dengan memeprtimbangkan bahwa tidak ada kelas yang di unggulkan dan sudah di uji homogennya. Pada penelitian ini kelas eksperimen di lakukan di kelas VIII A dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan di kelas kontrol adalah kelas VIII D dengan menggunakan model pembelajaran konvensiona. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan desain eksperimen kuasi dalam bentuk pretest-posttest. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. setelah peneitian dilakukan maka di dapat rata-rata hasil belajar siswa sesudah pembelajaran pada post-test di kelas eksperimen sebesar 81,03 dan di kelas kontrol sebesar 74,23.Dari hasil analisis uji normalitas data post-test di kelas eksperimen menunjukkan Lhitung < L tabel (0,11000 < 0,1418 ) maka dapat disimpulkan bahwa data setelah pembelajaran tersebut berdistribusi normal pengujian homogenitas pada saat post-test dimana 1,38 < 1,72 dari hasil uji tersebut kelas dinyatakan homogeny. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh harga t hitung > t tabel yaitu 3,04 > 1,665 15 dengan taraf signifikasi 5% ( ꭤ = 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran value clarification technique memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMP swasta Rahmat Islamiyah tahun ajaran 2019/2020 en_US
dc.subject Pengaruh en_US
dc.subject Model Pembelajaran Value Clarification Technique(VCT), Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP swasta Rahmat Islamiyah en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account