Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value
Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama islam di Smp Swasta Rahmat Islamiah. Populasi yang di
ambila dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Smp Swasta Rahmat
Islamiah sebanyak 144 siswa. Sampel ini di ambil dengan penentuan sampel
secara acak (random sampling) dengan memeprtimbangkan bahwa tidak ada
kelas yang di unggulkan dan sudah di uji homogennya. Pada penelitian ini kelas
eksperimen di lakukan di kelas VIII A dengan menggunakan model pembelajaran
Value Clarification Technique (VCT) dan di kelas kontrol adalah kelas VIII D
dengan menggunakan model pembelajaran konvensiona. Penelitian ini di lakukan
dengan menggunakan desain eksperimen kuasi dalam bentuk pretest-posttest.
Pengujian hipotesis menggunakan uji t. setelah peneitian dilakukan maka di dapat
rata-rata hasil belajar siswa sesudah pembelajaran pada post-test di kelas
eksperimen sebesar 81,03 dan di kelas kontrol sebesar 74,23.Dari hasil analisis uji
normalitas data post-test di kelas eksperimen menunjukkan Lhitung < L tabel
(0,11000 < 0,1418 ) maka dapat disimpulkan bahwa data setelah pembelajaran
tersebut berdistribusi normal pengujian homogenitas pada saat post-test dimana
1,38 < 1,72 dari hasil uji tersebut kelas dinyatakan homogeny. Hasil pengujian
hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh harga t hitung > t tabel yaitu 3,04 >
1,665 15 dengan taraf signifikasi 5% ( ꭤ = 0,05) maka Ho ditolak dan Ha
diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran value
clarification technique memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMP
swasta Rahmat Islamiyah tahun ajaran 2019/2020