Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar
siswa pada materi hukum mawaris di MTs Al-Ijtihadiyah Martebing dan untuk
mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah guru menerapkan metode drill pada
mata pelajaran hukum mawaris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan metode kualitatif analisis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa
kelas IX-D MTs Al-Ijtihadiyah Martebing Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 30
orang. Hasil penelitian ini dapat dilihat bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada
materi hukum mawaris mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini dapat dilihat
dari pada nilai data awal siswa yang tuntas terdapat sekitar 10 orang persentasenya
33.33%, sedangkan siswa yang tidak tuntas sekitar 20 orang persentasenya 66.67%.
Pada hasil tes siswa yang tuntas sekitar 22 orang persentasenya 73.33%, sedangkan
siswa yang tidak tuntas sekitar 8 orang persentasenya 26.67%. Sehingga mengalami
peningkatan yang signifikan sekitar 50%. Dari hasil di atas dapat disimpulkan bahwa
hasil belajar siswa mengalami peningkatan.