Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari
customer bondingterhadap loyalitas tamu. Adapun populasi dari penelitian ini
sebanyak 33 populasi pada penginapan Taj Residence Syariah Medan. Sedangkan
sampel diambil dengan menggunakan teknik total samplingyang merupakan
teknik pengambilan sampel dimana seluruh populasi dijadikan sebagai sampel
dalam penelitian dan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 33 responden. Teknik
analisa data menggunakan uji validitas data, uji reliabilitas data,uji asumsi
klasik, uji regresi sederhana dan uji hipotesis, uji determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa customer bonding berpengaruh
terhadap loyalitas tamu yang dinyatakan dengan hasil perhitungan t hitung > t
tabel yaitu 3,526 > 2,035 sehingga disimpulkan t hitung berada di penolakan H0
dan Ha diterima. Berdasarkan uji Determinasi Nilai R Square sebesar 0,294 atau
29,4% variabel loyalitas tamu (Y) dipengaruhi oleh customer bonding (X).