Abstract:
Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan pembelajaran Al-Quran
hadis dengan menggunakan metode qiraati di Mts 15 Muhammadiyah, untuk mengetahui
faktor pendukung penerapan metode qiraati pada pembelajaran Al-Quran hadis, untuk
mengetahui faktor penghambat penerapan metode qiraati pada pembelajaran Al-Quran
hadis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan jenis penelitian
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan
menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode qiraati dalam
pembelajaran Al-Quran hadis harus merencanakan segala sesuatu dalam proses
pembelajaran. Perencanaan berbentuk rencana proses pembelajaran, materi Al-Quran
hadis, media dan alat peraga. Pelaksanaan meliputi tahap pendahuluan, kegiatan inti,
mengadakan tanya jawab, terakhir evaluasi harian dan evaluasi ujian akhir semester.
Faktor pendukung dari pembelajaran Al-Quran hadis dengan metode qiraati sarana
prasarana, kualitas guru dalam memahami metode qiraati, keaktifan siswa selama
pembelajaran. Faktor penghambatnya yaitu berbedanya kemampuan siswa dalam
menerima pelajaran, kondisi lingkungansekitar siswa, perbedaan latar belakang siswa,
dan jumlah jam pelajaran yang masih kurang.