Abstract:
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan strategi
pembiasaan membaca Al-Quran dan mengetahui faktor yang mempengaruhi dalam
pelaksanaan strategi pembiasaan membaca Al-Quran sebelum kegiatan belajar mengajar
(KBM) di MAS Plus Al-Ulum. MAS Plus Al-Ulum adalah salah satu madrasah yang
melakukan budaya pembiasaan membaca Al-Quran sebelum kegiatan belajar mengajar,
yang dilakukan selama 15 menit, dipimpin oleh guru les pertama.
Jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif.
Penelitian ini memperhatikan proses dan peristiwa yang sedang berlangsung. Teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan menggunakan tiga
tahapan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber
datanya yaitu data primer merupakan data yang didapat secara langsung dari sumber
data pertama yaitu kepala madrasah, guru tahfidz dan siswa kelas X. Sumber data
sekunder, yang berasal dari dokumen lama atau tata usaha MAS Plus Al-Ulum.
Hasil dari penelitianya adalah langkah-langkah yang diterapkan dengan sedikit
modifikasi. Dimulai dari membaca Al-Quran bersama atau bergiliran tergantung intruksi
dari guru, sambil menyimak setelah itu pendidik memberikan motivasi, diakhiri dengan
siswa membaca doa khataman quran bersama. Faktor pendukungnya adalah tersedia AlQuran
di
setiap
kelas,
lingkungan
yang
kondusif,
pendidik
yang
mempunyai
kemampuan
tajwid
dan
diadakan
khataman
Quran
saat
kelas
XII. Sedangkan faktor penghambatnya
adalah kurangnya alokasi waktu dan latar belakang menyebabkan kemampuan membaca
Al-Quran siswa berbeda-beda