Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan latarbelakangi pada sebuah fenomena
bahwa religiusitas dan sosialisasi memiliki pengaruh dan peran penting terhadap
minat muzaki dalam membayar zakat, penelitian dilakukan dengan alasan bahwa
masih banyak nya orang yang belum mengerti tentang detail tata cara membayar
zakat dan juga banyak nya orang yang belum mengetahui lembaga Lazismu Kota
Medan. Oleh karenanya peneliti tertarik untuk menguji pengaruh religiusitas dan
sosialisasi terhadap minat muzaki membayar zakat di Lazismu Kota Medan.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian
kuantitatif dan jenis penelitian asosiatif, tehnik pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan data kuisioner, jenis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer yang dimana data diperoleh dari hasil angket
yang telah diisi oleh muzaki di Lazismu Kota Medan sebagai sampel dalam
penelitian ini. Metode analisis pada penelitian ini adalah uji validitas dan
reabilitas data, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji hipotesis,
dan uji koefisien linier determinasi.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan variabel religiusitas (X1)
negative atau tidak berpengaruh signifikan terhadap minat muzaki membayar
zakat (Y), hasil dari uji t (parsial) diperoleh nilai Sig. untuk religiusitas adalah
sebesar 0,290 (>0,05). Sementara hasil penelitian variabel sosialisasi (X2) positif
atau berpengaruh signifikan terhadap minat muzaki membayar zakat (Y), hasil
dari uji t (parsial) diperoleh nilai Sig. untuk sosialisasi adalah sebesar 0,00
(<0,05). Dan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sosialisasi paling
berpengaruh terhadap minat muzaki membayar zakat, Hal ini terbukti dari uji
hipotesis sosialisasi (H2) 5.121 lebih besar dari uji hipotesis religiusitas (H2)
yaitu 1.071