Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Meningkatkan
Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas VII-1 Melalui Layanan Konseling Kelompok
di SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Tujuan dari
penelitian ini adalah meningkatkan Penyesuaian Diri Pada Siswa Kelas VII-1
Melalui Layanan Konseling Kelompok di SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun
Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan
menggunakan 6 objek dalam 1 kelas yaitu di kelas VII-1 yang tingkat
peneysuaian dirinya rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang
diperoleh pada layanan konseling kelompok ke I dan layanan konseling kelompok
ke II mengalami peningkatan. Dengan dilakukannya layanan konseling kelompok
untuk meningkatkan penyesuaian diri yang rendah pada siswa ternyata telah
berhasil meningkatkan penyesuaian diri pada siswa kelas VII-1 melalui layanan
konseling kelompok di SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran
2019/202. Dengan catatan dilaksanakan secara sistematis, teratur, terarah serta
berulang-ulang