Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana layanan bimbingan
kelompok dengan mengubah perilaku agresi siswa kelas VII-2 di SMP
Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan bimbingan kelompok untuk
mengurangi perilaku agresi siswa kelas VII-2 di SMP Muhammadiyah 07 Medan
Tahun Pembelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian deskriptif. Objek penelitian ini sebanyak 6 siswa kelas
VII-2 yang memiliki ciri-ciri perilaku agresi. Sample yang digunakan adalah
siswa kelas VII-2. Instrumentasi pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Dengan dilakukannya Bimbingan Kelompok untuk mengurangi
perilaku agresi siswa di SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran
2019/2020. ternyata telah berhasil mengurangi perilaku agresi, hal ini dapat dilihat
dengan terjadi perubahan siswa dengan berperilaku baik dengan sesama teman
sebayanya