Abstract:
Penelitain ini bertujaun untuk mengetahui Strategi pemasaran Moluska
Organik Biji Teh pada usaha Monik B-Tea yang beralamat di Jalan Gaharu Gang
Langgar Kecamatan Medan Timur, Kota Medan pada tahun 2020.
Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriftif untuk
melihat keunggulan yang dimiliki oleh usaha Monik B-Tea dan analisis SWOT (
Strengths, Weaknees, Opportunities, Treats). Untuk melihat lingkungan Internal
yaitu terdiri dari kekuatan dan kelemahan dan Eksternal terdiri dari peluang dan
ancaman pada Usaha Monik B-Tea.
Dari hasil penelitian faktor internal dan eksternal menunjukan strategi S-O
seperti melakukan pengembangan produk dengan memanfaatkan bahan baku
yang melimpah.,strategi S-T seperti memberikan harga yang ekonomis,untuk
mengatasi pesaing baru, strategi W-O dengan melakukan perbaikan kemasan
untuk memanfaatkan peluang pasar yang lebih tinggi, strategi W-T melakukan
kerja sama dengan penyuluh dan toko obatan pertanian untuk pengembangan
usaha.Strategi yang menjadi strategi prioriatas yaitu strategi S-T dimana dengan
angka skor tertinggi sebesar 0,52 yaitu melakukan perbaikan kemasan yang
menarik untuk meningkatkan penjualan.