Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui tingkat perilaku
konsumen terhadap pembelian tahu kuning. 2). Untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi perilaku komsumen terhadappembelian tahu kuninng. Penentuan lokasi
penelitian di lakukan dengan sengaja (purposive) dan berdasarkan pertimbangan
sesuai dengan karakteristik penelitian. Penentuan lokasi tersebut diambil di Pasar
Tradisional Simpang Limun Jalan Sisingamangaraja. Pengambilan sampel dalam
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Accidental Samplin jumlah
sampel dalam penelitian sebanyak adalah sebanyak 30 orang.
Hasil penelitian ini adalah 1). Dari hasil pengukuran skor tentang perilaku
konsumen dalam melakukan keputusan pembelian tahu kuning diperoleh penelian
terhadap tiap atribut yang diajukan, untuk atribut ukuran memperoleh skor ratarata
sebesar 4,21 yang berada pada kreteria penilaian setuju, atribut rasa
memperoleh skor 3,15 yang berada pada kreteria penilaian ragu-ragu, atribut
kemasan memperoleh skor penilaian sebesar 3,37 yang berada pada kreterian
penilaian ragu-ragu dan atribut kandungan gizi memperoleh skor sebesar 3,21
dengan kreteria penilaian ragu-ragu. 2). Dari hasil uji t diperoleh hanya tingkat
pendapatan (X1) jumlah tanggungan (X2) dan harga (X4) yang berpengaruh
signifikan terhadap permintaan tahu kuning sedangkan variabel tingkat pendidik
(X3) tidak berpengaruh nyata terhadap keputuas pembelian tahu kuning