Abstract:
Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang mengacu kepada aktivitasaktivitas kelompok yang berfokus kepada penyediaan informasi atau pengalaman
lewat aktivitas kelompok yang terencana dan terorganisir yang bertujuan
menyediakan informasi melalui aktivitas kelompok. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah kesulitan belajar underachievement pada siswa di SMP
Muhammadiyah 49 Medan maka dari itu peneliti akan memberikan layanan
bimbingan kelompok guna untuk menangani siswa underachievement. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengatasi permasalahan kesulitan belajar
underachievement pada siswa dengan layanan bimbingan kelompok di kelas IX
SMP Muhammadiyah 49 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian layanan
dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualiatif dengan subjek penelitian
sebanyak 27 orang dan objek penelitian sebanyak 6 orang siswa. Adapun
instrument yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi dan wawancara
yang sesuai dengan efektivitas pelaksanaan layanan bimbingan kelompok
terhadap menangani siswa underachievement pada siswa kelas IX SMP
Muhammadiyah 49 Medan. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu
reduksi data, memaparkan data dan mengambil kesimpulan. Perubahan yang
dialami siswa bisa dilihat dari pengamatan pertama yang mendapatkan hasil 20%
sesudah melaksanakan kegiatan lanjutan ataupun pengamatan kedua diperoleh
hasil sebanyak 80%, jadi bisa dikatakan bahwa siswa sudah mengalami
perubahan. Dari hasil penelitian yang diketahui bahwa Efektivitas Layanan
Bimbingan Kelompok Melalui Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy
(REBT) Untuk Menangani Siswa Underachievement sudah berhasil dilaksanakan
di kelas IX SMP Muhamadiyah 49 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.