Abstract:
Layanan Bimbingan Kelompok yaitu mengacu kepada aktivitas-aktivitas
kelompok yang berfokus kepada penyediaan informasi atau pengalaman melalui
sebuah aktivitas kelompok yang terencana dan terorganisasi, merupakan layanan
bimbingan dan konseling yang diberikan kepada individu untuk membahas
masalah atau topik umum secara luas dan mendalam yang bermanfaat bagi
anggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Layanan
Bimbingan Kelompok apakah dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas
XI Akuntansi SMK Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran 2019/2020. Jumlah subjek
dalam penelitian ini adalah berjumlah 6 orang. Instrument yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan angket yang dimuat dengan
google form dengan item pernyataan sebanyak 20 item. Berdasarkan hasil penelitian
dapat dinyatakan bahwa Penerapan layanan bimbingan kelompok yang pertama
pada siswa kelas kelas XI akuntansi SMK Negeri 1 Binjai Tahun Pembelajaran
2019/2020 berjalan dengan baik dan siswa dapat mulai aktif dan bersungguhsungguh
dalam
belajar.
Penerapan
Layanan
Bimbingan
Kelompok
yang
pertama
pada
siswa kelas bimbingan kelompok yang pertama pada siswa kelas XI
Akuntansi SMK Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran 2019/2020 adalah rata-rata
semakin membaik dengan termotivasinya siswa untuk menyesuaikan diri dengan
baik sehingga siswa-siswa lebih berkualitas dan membuka diri dengan teman
lainnya. Setelah dilakukannya bimbingan kelompok yang pertama pada siswa
kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran 2019/2020 untuk kedua
kalinya yang diberikan. Siswa mulai lebih aktif dan berani tampil dalam
kegiatan belajar yang dilakukan dengan intensitas tinggi yang sering sehingga
rasa penyeuain diri pun semakin membaik, maka dapat disimpulkan Layanan
Bimbingan Kelompok Efektif untuk meningkatkan kelas XI Akuntansi SMK
Negeri 1 Binjai Tahun Ajaran 2019/2020.