Abstract:
Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang mengacu kepada aktivitas –
aktivitas kelompok yang berfokus kepada penyediaan informasi atau pengalaman
lewat aktivitas kelompok yang terencana dan terorganisir yang bertujuan
menyediakan informasi melalui aktivitas kelompok. Permasalahan dalam
penelitian ini yaitu kurangnya kontrol diri pada siswa di SMP Muhammadiyah 49
Medan maka dari itu peneliti akan memberikan layanan bimbingan kelompok
guna untuk meningkatkan kontrol diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengatasi permasalahan kontrol diri pada siswa dengan layanan bimbingan
kelompok di kelas VII SMP Muhammadiyah 49 Medan. Penelitian ini merupakan
penelitian layanan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
subjek penelitian sebanyak 31 orang dan objek penelitian sebanyak 6 orang siswa.
Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi dan
wawancara yang sesuai dengan efektifitas layanan bimbingan kelompok terhadap
peningkatan kontrol diri pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 49 Medan.
Adapun teknik analisi data yang di gunakan yaitu reduksi data, memaparkan data
dan mengambil kesimpulan. Perubahan yang di alami siswa bisa di lihat dari
pengamatan pertama yang mendapatkan hasil 30% sesudah melaksanan kegiatan
lanjutan ataupun pengamatan kedua di peroleh hasil sebanyak 90%, jadi bisa
dikatakan bahwa siswa sudah mengalami perubahan. Dari hasil penelitian yang
diketahui bahwa Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan
Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy Untuk
Meningkatkan Kontrol Diri Siswa sudah berhasil dilaksanakan dengan hasil yang
maksimal dan sangat memuaskan.