Abstract:
Padi (Oryza sativa L.) merupakan salah satu tanaman pangan pokok yang telah lama
dikenal orang. Sektor pertanian, khususnya pertanian pangan (komoditas padi), adalah sektor
yang sangat strategis dan potensial untuk dijadikan sebagai sektor andalan (leading sector)
dalam pembangunan ekonomi Indonesia di masa yang akan datang. Penelitian ini
dilaksanakan di Desa Meunasah Tunong Kecamatan Jeunib Kabupaten Bireun.Penelitian
bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran padi, margin pemasaran dan efisiensi
pemaasaran pada masing-masing saluran pemasaran. Metode pengambilan sampel dilakukan
dengana Simple Random Sampling Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran
pemasaran padi, margin pemasaran dan efisiensi pemaasaran pada masing-masing pola
saluran pemasaran. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random
Sampling. Data dianalisis secara deskriptif Hasil penelitian terdapat dua pola saluran
pemasaran yaitu saluran I Petani – Pedagang Pengumpul – Kilang – Distributor – Konsumen.
Pola saluran pemasaran II Petani – Kilang – Distributor – Konsumen. Total margin pada
saluran I sebesar 5.150/kg. Total margin pada saluran II sebesar 5.100/kg. Efisiensi
pemasaran pada saluran I sebesar 8,4%, pada saluran pemasaran II sebesar 7,2%