Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks
deskripsi sebelum penggunaan metode pembelajaran kunjungan (Field Trip) oleh
siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020,
untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi sesudah penggunaan
metode pembelajaran kunjungan (Field Trip) oleh siswa Kelas VIISMP
Muhammadiyah 8 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020 dan untuk mengetahui
pengaruh metode pembelajaran kunjungan (Field Trip) setelah digunakan dalam
menentukan kemampuan menulis teksdeskripsiolehsiswa kelas VIISMP
Muhammadiyah 8 Medan Tahun Pelajaran 2019/2020. Desain penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design (NonDesign).
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII berjumlah 61 siswa.
Teknik pengambilan sampel penelitian adalah menggunakan total sampling yaitu
semua populasi dijadikan sampel. Yang dijadikan sampel dalam penelitian adalah
1 kelas yaitu VII-A sebanyak 35 siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode Metode Pembelajaran
Kunjungan (Field Trip) terhadap kemampuan menulis teks deskripsi.
Berdasarkan uji t dengan membandingkan harga thitung dengan ttabel diperoleh
thitung> ttabel atau 4,436 > 1,69, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, artinya
metode Metode Pembelajaran Kunjungan (Field Trip) lebih baik digunakan
dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siswa Kelas VII
SMP Muhammadiyah 8 tahun pembelajaran 2019/2020 dibandingkan dengan
sebelum menggunakan metode Metode Pembelajaran Kunjungan (Field Trip)