Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media film pendek terhadap
kemampuan menulis cerpen (cerita pendek) oleh siswa kelas IX SMP Yayasan
Pendidikan Keluarga Medan. Populasi ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP
Yayasan Pendidikan Keluarga Medan berjumlah 111 siswa. Sampel diambil
secara random kelas sebanyak dua kelas, yaitu 29 siswa sebagai kelas eksperimen
yang menggunakan media film pendek dan 31 siswa sebagai kelas kontrol tanpa
menggunakan media film pendek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes essai yaitu
menulis cerita pendek. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
rata-rata kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas IX SMP Yayasan
Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 dengan
menggunakan media film pendek adalah 79,34 termasuk dalam kategori baik.
Sedangkan Rata-rata kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas IX SMP
Yayasan Pendidikan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 tanpa
menggunakan media film pendek adalah 68,77 termasuk dalam kategori cukup.
Kemudian berdasarkan uji “t” diperoleh thitung = 3,76 selanjutnya harga thitung
dibandingkan dengan ttabel dengan taraf signifikan ɑ= 0,05% dengan db = N1 +
N2-2 = 58 makadiperoleh ttabel = 2,00 dengan demikian dapat diketahui thitung >
ttabel yaitu 3,76 > 2,00 maka Ha diterima dengan hipotesis yang berbunyi “Ada
Pengaruh Media Film Pendek terhadap kemampuan Menulis Cerita pendek oleh
Siswa Kelas IX SMP Yayasan Keluarga Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020