Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh layanan informasi
terhadap kesulitan belajar siswa kelas VII SMP swasta Imelda medan yang terdiri
dari 30 orang siswa dari kelas VIIB. layanan yang digunakan iyalah layanan
informasi terhadap kesulitan belajar siswa, guna memberikan informasi kepada
siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar, kurangnya pemahaman siswa
tentang faktor-faktor dari kesulitan belajar beserta karakteristik yang terdapat pada
kesulitan belajar siswa.Dari hasil pelaksanaan layanan terdapat pengaruh yang
signifikan pada siswa,yaitu Peningkatan terjadi pada kesulitan belajar Visual
sebelumnya 57,11% menjadi 62,15%, kesulitan belajar Audio sebelumnya 50,72
menjadi 63,23%, yang terakhir perolehan nilai terhadap kesulitan belajar
Kinestetik sebelumnya 45,17% menjadi 61,12%. Kesulitan belajar akan
berpengaruh pada sikap dan kebiasaan belajar siswa sehingga layanan informasi
mengenai kesulitan belajar sesuai dengan tujuan dari layanan ini.dari hasil
penelitian terlihat ada pengaruh layanan informasi terhadap kesulitan belajar siswa
kelas VII SMP swasta Imelda medan tahun pembelajaran 2019/2020