Research Repository

Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Mengemukakan Pendapat Kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun ajaran pembelajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Bako, Sri Rizqi
dc.date.accessioned 2020-08-04T02:25:30Z
dc.date.available 2020-08-04T02:25:30Z
dc.date.issued 2020-02-17
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4658
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri mengemukakan pendapat siswa di kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Objek dalam penelitian ini sebanyak 10 orang siswa. Teknik peneumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil analisis data dengan menggunakan observasi dan wawancara meningkatkan kepercayaan diri mengemukakan pendapat, mendapat perubahan pada siswa-siswi suda mulai mampu meningkatkan kepercayaan dirinya dalam mengemukakan pendapat, sudah mulai aktif mengikuti pelajaran, suda mulai berani mengeluarkan pendapatnya, sudah mulai berani bertanya dan mulai nilai-nilai yang di peroleh sudah meningkatkan dengan penerapan layanan bimbingan kelompok. Dengan demikian penerapan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 Dari hasil penelitian adalah : 1) Berdasarkan hasil wawancara pada awal siklus I dan akhir siklus 1, terjadi sedikit perubahan yaitu, peningkatan kepercayaan diri siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan, hal ini dapat diketahui melalui hasil observasi dan juga wawancara. 2) Peneliti kemudian melanjutkan wawancara di siklus II untuk melihat peningkatan yang terjadi dari wawancara akhir siklus I. Jawaban yang diberikan oleh siswa pada wawancara siklus II tersebut lebih menghasilkan jawaban-jawaban yang positif. 3) Hasil penelitian menunjukkan meningkatkan kepercayaan diri siswa terkait meningkat setelah diberikan layananbimbingan kelompok. Artinya, layanan bimbingan kelompok secara signifikandapat meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah1 Medan en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Meningkatkan pendapat en_US
dc.subject Kepercayaan Diri en_US
dc.title Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Mengemukakan Pendapat Kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun ajaran pembelajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account