Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai penerapan layanan bimbingan
kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri mengemukakan pendapat siswa
di kelas VIII SMP Muhammadiyah 01 Medan Objek dalam penelitian ini
sebanyak 10 orang siswa. Teknik peneumpulan data dalam penelitian ini dengan
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil analisis
data dengan menggunakan observasi dan wawancara meningkatkan kepercayaan
diri mengemukakan pendapat, mendapat perubahan pada siswa-siswi suda mulai
mampu meningkatkan kepercayaan dirinya dalam mengemukakan pendapat,
sudah mulai aktif mengikuti pelajaran, suda mulai berani mengeluarkan
pendapatnya, sudah mulai berani bertanya dan mulai nilai-nilai yang di peroleh
sudah meningkatkan dengan penerapan layanan bimbingan kelompok. Dengan
demikian penerapan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan
kepercayaan diri siswa kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun
Ajaran 2018/2019
Dari hasil penelitian adalah : 1) Berdasarkan hasil wawancara pada awal siklus I
dan akhir siklus 1, terjadi sedikit perubahan yaitu, peningkatan kepercayaan diri
siswa SMP Muhammadiyah 1 Medan, hal ini dapat diketahui melalui hasil
observasi dan juga wawancara. 2) Peneliti kemudian melanjutkan wawancara di
siklus II untuk melihat peningkatan yang terjadi dari wawancara akhir siklus I.
Jawaban yang diberikan oleh siswa pada wawancara siklus II tersebut lebih
menghasilkan jawaban-jawaban yang positif. 3) Hasil penelitian menunjukkan
meningkatkan kepercayaan diri siswa terkait meningkat setelah diberikan
layananbimbingan kelompok. Artinya, layanan bimbingan kelompok secara
signifikandapat meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah1 Medan