Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Layanan Bimbingan
Kelompok yang diberikan guru pembimbing kepada siswa di SMP Negeri 1
Batang Kuis, 2) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penyesuaian diri
siswa di SMP Negeri 1 Batang Kuis, 3) Pelaksanaan layanan bimbingan
kelompok untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa di SMP Negeri 1 Batang
Kuis.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/I kelas VIII-6 yang berjumlah 30
orang. Objek dalam penelitian ini yaitu Pelaksanaan Layanan Bimbingan
Kelompok untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1
Batang Kuis. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah
mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Berdasarkan penelitian yang dilakukan di
SMP Negeri 1 Batang Kuis, pelaksanaan layanan bimbingan kelompok berjalan
dengan baik, hanya saja pelaksanaan layanan bimbingan kelompok untuk
meningkatkan penyesuaian diri siswa 2) Berdasarkan layanan bimbingan
kelompok yang dilakukan siswa, yang penyesuaian dirinya buruk dan sangat
buruk. Siswa sudah mampu menyesuaikan dirinya dengan baik 3) Pelaksanaan
layanan bimbingan kelompok terhadap siswa terjadi peningkatan, hal ini terlihat
dari tahap-tahap yang dilakukan pada saat melakukan layanan bimbingan
kelompok dan dari perubahan tingkah laku siswa yang mulai mau berbaur dengan
temannya yang lain