Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan menonton film
animasi kiko terhadap kemampuan menulis cerita fantasi oleh siswa kelas VII
SMP YPK tahun pembelajaran 2019-2020. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 75 siswa. Maka pengambilan sampel
secara acak kelas. Dengan demikian sampel penelitian yang dijadikan sebanyak
25 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Instrumen
penelitian ini menggunakan angket yang berupa pertanyaan seputar kebiasaan
menonton film animasi kiko serta menggunakan tes untuk melihat kemampuan
menulis cerita fantasi oleh siswa. Hasil analisis data kebiasaan menonton film
animasi kiko dari pemberian angket terhadap 25 siswa diperoleh presentase
frekuensi terbanyak 61-80% sebanyak 16 orang dengan rata hitung sebesar 64%.
Sementara hasil penelitian berdasarkan presentase peringkat kemampuan menulis
cerita fantasi paling banyak pada rentang 75-100 dengan presentase sebesar 84,0%
dengan nilai rata-rata 85,40. Artinya kemampuan menulis cerita fantasi siswa
berada pada tingkat baik yang disebabkan karena adanya pengaruh dari kebiasaan
menonton film animasi Kiko. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis
diperoleh harga thitung sebesar 6,404. Selanjutnya thitung ini dibandingkan dengan
ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 dengan df=24. Diperoleh harga ttabel=1,710
berarti thitung >ttabel yaitu 6,404>1,710. Dengan demikian hipotesis berbunyi ada
pengaruh kebiasaan menonton film animasi Kiko terhadap kemampuan menulis
cerita fantasi oleh siswa kelas VII SMP YPK Medan Tahun Pembelajaran 20192020.