Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi dari banyaknya lembaga perbankan yang
memiliki produk dan jasa yang hampir sama. Salah satu produk yang dikembangkan
dan ditawarkan oleh BRI Syariah Cabang S.Parman Medan adalah deposito
muhdarabah. Untuk dapat menarik perhatian calon nasabah agar mau bergabung dan
menginvestasikan dananya supaya dapat dikelola oleh pihak bank, BRI Syariah
cabang S.Parman Medan pastinya perlu mempunyai strategi-strategi agar dapat
menarik minat nasabah untuk mempercayakan dananya kepada BRI Syariah Cabang
S.Parman Medan, dan mengaplikasikannya dalam keseharian guna mengembangkan
dan mempertahankan usaha.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi penghimpunan dana
deposito mudharabah di BRI Syariah Cabang S. Parman Medan dan apa saja yang
menjadi kendala dalam penghimpunan dana deposito mudharabah. Metode dalam
penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Subjek
penelitian ini adalah karyawan yang khusus menangani penghimpunan dana deposito
mudharabah di BRI Syaraiah Cabang S.Parman Medan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu strategi yang dilakukan BRI
Syariah cabang S.Parman Medan dalam penghimpunan dana deposito mudharabah itu
sudah berjalan dengan bagus atau baik, hal ini dapat dilihat dari perkembangan
jumlah nasabah yang dari tahun ke tahun yang jumlahnya selalu meningkat. Adapun
strategi penghimpunan dana yang dilakukan oleh bank BRI Syariah cabang S. Parman
Medan untuk memasarkan produk penghimpunan dana deposito Mudharabah,
diantaranya adalah lebih memfokuskan kepada strategi pemasaran, menjaga
hubungan baik dengan masyarakat (Public Relations), dan promosi. Lalu dalam
menghadapi kendala yang ada seperti masyarakat yang masih cenderung ke bank
konvensional, bank BRI Syariah Cabang S.Parman Medan mampu mengatasi kendala
tersebut.