Abstract:
Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa perkembangan teknologi di era
milenial saat ini sangat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan salah satunya
aspek pendidikan. Generasi milenial yang sebagian besar merupakan pelajar
SMA tersebut lebih banyak menghabiskan waktunya dengan gadget mereka
sehingga dapat dikatakan bahwa mereka ketergantungan terhadap teknologi.
Teknologi dalam pendidikan berperan dalam memberikan kemudahan bagi guru
maupun peserta didik untuk mempermudah proses pembelajaran terlebih lagi
untuk para peserta didik yang kesulitan dalam memahami pelajaran di dalam
kelas maupun di luar kelas. Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar
di Indonesia yang berfokus pada layanan berbasis pendidikan. Tujuan dari
penilitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa menengah atas terhadap
aplikasi ruangguru sebagai pembelajaran alternatif. Jenis penilitian deskriptif
dengan pendekatan kualitatif, metode penelitian deskriptif digunakan untuk
menyelidiki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang
diteliti. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis interaktif dimana
penulis mewawancarai narasumber dan mengambil kesimpulan dari wawancara
tersebut. Dapat disimpulkan persepsi siswa-siswi terhadap aplikasi Ruangguru
sebagai pembelajaran alternatif mempermudah siswa- siswi dalam proses belajar
dan meningkatkan minat pembelajaran.