Abstract:
Bank syariah merupakan lembaga yang menghimpun, mengelola dan
menyalurkan dana. Oleh sebab itu, bank syariah membutuhkan sumber-sumber
dana yang akan dikelola. Adapun sumber-sumber dana di bank syariah adalah
modal, titipan, dan investasi. Bank Syariah Bukopin harus bekerja secara ekstra
untuk memperkenalkan produk tabungan yang mereka miliki kepada masyarakat
umum agar masyarakat mengenali produk-produk Bank Syariah Bukopin.
Persaingan yang terjadi dalam bidang industri perbankan di Indonesia saat ini
menjadi semakin ketat. Terjadinya persaingan tersebut, berarti telah terjadi pula
perubahan di dalam strategi promosi dalam rangka mengoptimalkan layanan
perbankan. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah
accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 50 nasabah PT. Bank
Syariah Bukopin Cabang Medan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis
regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini periklanan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Syariah
Bukopin Cabang Medan, dilihat dari t-hitung = 8.921 > t-tabel =2.010, dan
nilai sig 0.000 < a0.05, promosi penjualan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Syariah Bukopin Cabang
Medan, dilihat dari t-hitung = 3.200 > t-tabel = 2.010, dan nilai sig 0.003 <
a0.05, personal selling berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah
menabung pada PT. Bank Syariah Bukopin Cabang Medan, dilihat dari thitung = 3.208 > t-tabel =2.010, dan nilai sig 0.003 < a0.05, periklanan, promosi
penjualan dan personal selling secara simultan berpengaruh terhadap keputusan
nasabah menabung pada PT. Bank Syariah Bukopin Cabang Medan fhitung > ftabel
(30.235 > 3.19) dan nilai sig 0.000 < a0.05.