Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Renzulli untuk
meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi matematika dengan pokok
bahasan Bangun Datar Segiempat di Kelas VII-6 SMP PAB 2 Helvetia. Adapun
rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana hasil belajar matematika
pada siswa kelas VII-6 SMP PAB 2 Helvetia Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan
penerapan model Renzulli. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan di kelas dengan tujuan
memperbaiki atau meningkatkan mutu praktek pembelajaran di kelas. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 SMP PAB 2 Helvetia yang berjumlah 38
orang siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah model
Renzulli untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Data penelitian ini berupa nilai tes
hasil belajar siswa dengan menggunakan model Renzulli pada mata pelajaran
matematika dengan pokok bahasan Segiempat. Nilai sesudah tindakan diambil
dengan memberi soal setelah diterapkan model Renzulli. Setelah data diperoleh dan
dianalis maka dapat diketahui hasil belajar matematika siswa dengan pokok bahasan
Segiempat pada siswa kalas VII-6 SMP PAB 2 Helvetia, sebelum dan sesudah
tindakan adalah sebagai berikut: (1) Nilai ulangan siklus I sesudah tindakan dengan
rata-rata 68,81 dan ketuntasan klasikal 60,53%. (3) Nilai ulangan siklus II sesudah
tindakan dengan rata-rata 90,78 dan ketuntasan klasikal 89,47%. Dengan demikian,
dari hasil tindakan diatas dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa setelah
diterapkannya model Renzulli meningkat pada setiap siklus.