Abstract:
Teknologi Indonesia dan Komunikasi (TIK) sudah menjadi kebutuhan di zaman
sekarang ini, banyak masyarakat di Indonesia yang sudah memanfaatkan dalam
kehidupan sehari-hari. Pemanfaatannya susah banyak bidang seperti perdagangan,
bidang pendidikan, bidang kesehatan dan perusahaan. Dengan metode OLS (Ordinary
Least Square) pada program E-views9. Penelitian ini berusaha menjelaskan pengaruh
perkembangan ekonomi digital terhadap perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia
periode 2013-2017. Data yang digunakan dalam variabel ini adalah data sukunder yang
di ambil dari BPS (Badan Pusat Statistik), APJII (Asosiasi Pengguna Jasa Internet
Indonesia).
Hasil Penelitian yang dilakukan peneliti menyatakan bahwa Jumlah Pengguna
Internet (JPI), Nilai Transaksi E-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia dengan hipotesis diterima tetap pada variabel
Jumlah Wisata (JW) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan maka hipotesis ditolak.