Abstract:
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk Melakukan analisis ekonomi secara
deskriptif terkait perkembangan Tokopedia, Bukalapak dan Shopee pasca tahun
2015 serta Melakukan estimasi tentang pengaruh aktivitas e-commerce terhadap
pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Penelitian ini akan menggunakan teknik
analisa faktor dengan menggunakan data runtut waktu (Time Series). Adapun
Hasil penelitian ini yaitu Tokopedia merupakan e-commerce dengan nilai
transaksi terbesar di Indonesia. platform E-commerce Tokopedia menjadi platform
e-commerce paling mendominasi dengan jumlah transaksi dan jumlah pengunjung
paling banyak diantara e-commerce yang lain. Jumlah Pengguna Internet (X1)
secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap Pertumbuhan Ekonomi (Y). Nilai
Transaksi E-Commers (X2) secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap
Pertumbuhan Ekonomi (Y). Jumlah Pengguna E-commers (X3) secara parsial
memiliki pengaruh negatif terhadap Pertumbuhan Ekonomi (Y)