Research Repository

Kualitas Pelayanan Dalam Pelaksanaan Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) Di Kantor Pertanahan Kabupaten Deli Serdang

Show simple item record

dc.contributor.author Hafsah, Siti
dc.date.accessioned 2020-06-13T04:19:13Z
dc.date.available 2020-06-13T04:19:13Z
dc.date.issued 2019-08-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/3439
dc.description.abstract Kualitas Pelayanan adalah segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan atau instansi guna memenuhi harapan masyarakat. PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat. Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan dalam Pelaksanaan Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) di Kantor Pertanahan Kabupaten Deli Serdang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tujuan dalam pelaksanaan program PTSL di Kantor Pertanahan Kabupaten Deli Serdang belum tercapai. Hal ini terlihat dari jumlah masyarakat yang mengikuti program PTSL masih jauh dari target yang ditetapkan di Kantor Pertanahan Deli Serdang. Prosedur pelaksanaan sudah sesuai dengan prosedur dan peraturan yang ditetapkan pemerintah karena menggunakan juknis dan juklak sebagai acuan dasar dalam melaksanakan program PTSL. Sasaran dalam program ini sudah tepat sasaran hanya saja kurangnya sosialisasi yang diberikan petugas pelaksana PTSL membuat program ini sedikit terhambat adapun hambatan lainnya yaitu kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga aset tanah miliknya. Kompetensi SDM sudah sesuai dengan keahliannya dibidang masing masing hanya saja kurangnya jumlah pegawai atau petugas pelaksana PTSL memengaruhi kinerja pegawai sehingga kurang masksimal. en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan en_US
dc.subject n PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) en_US
dc.title Kualitas Pelayanan Dalam Pelaksanaan Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap) Di Kantor Pertanahan Kabupaten Deli Serdang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account