Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Bagaimana mekanisme penyaluran beras di Bulog Sub Divre Kutacane dan 2). Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap beras yang disalurkan oleh Bulog Sub Divre Kutacane. Penelitian ini menggunakan studi kasus (case study), dengan penentuan lokasi meggunakan metode secara sengaja (purposive) yang mana responden yang secara kebetulan di jadikan sampel dalam penelitian sebanyak 50 responden yang dibagi menjadi 25 responden pada Bansos Rastra dan 25 dalam Operasi Pasar melalui Rumah Pangan Kita (RPK). Dan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumusan pertama menggunakan analisis deskriptif dan rumusan masalah kedua menggunakan skala likert untuk mengukur kepuasannya yang kemudian menghitungnya kedalam metode Customer Satification Index (CSI) untuk mengukur tingkat harapan dan kinerjanya.
Hasil penelitian rumusan masalah pertama menunjunkan bahwa mekanisme penyaluran pada Perusahaan Umum (Perum) Bulog menyalurkan beras yang petama melalui Program Bantuan Sosial Sejahtera (Bansos) yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang tidak mampu agar dapat memenuhi kebutuhan pokok pangan utama dalam kehidupan yaitu beras dan yang kedua melalui Program Operasi Pasar melalui Rumah Pangan Kita (RPK) yang dapat membantu masyarakat untuk dapat membeli beras dengan harga yang lebih terjangkau sehingga dapat membantu peerekonomian masyarakat. Rumusan masalah kedua menilai tingkat kepuasan konsumen pada Program Bansos Rastra dan didapatkan hasil bahwa sangat. puas dengan nilai 81,64% dan Program Operasi Pasar melalui Rumah Pangan Kita (RPK) juga didapatkan hasil sangat puas dengan nilai sebesar 81,12%.