Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bervariasinya data mengenai konsep diri dan
komunikasi antarpribadi. Menurut para ahli konsep diri merupakan salah satu faktor
yang mempengaruhi komunikasi antarpribadi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)
mendeskripsikan gambaran konsep diri, (2) mendeskripsikan gambaran komunikasi
antarpribadi, (3) menguji besar pengaruh konsep diri terhadap komunikasi
antarpribadi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 7 Medan, sampel
penelitian berjumlah 98 orang, data diperoleh dengan menggunakan teknik total
sampling. Instrumen yang digunakan untuk variabel konsep diri dan variabel
komunikasi antarpribadi adalah angket dengan menggunakan skala likert. Data
dianalisis dengan statistik deskriptif dan regresi sederhana.Temuan penelitian
memperlihatkan bahwa: (1) secara rata-rata konsep diri siswa berada pada kategori
tinggi, (2) komunikasi antarpribadi siswa berada pada kategori tinggi, (3) terdapat
pengaruh konsep diri terhadap komunikasi antarpribadi, sebesar 21% (R Square =
0.21 dengan signifikansi 0.000). Hasil dari penelitian ini nantinya dapat dijadikan
sebagai analisis kebutuhan siswa untuk pembuatan program pelayanan bimbingan
dan konseling di SMP Muhammadiyah 7 Medan.