Abstract:
Pelaksanaan bimbingan kelompok di SMK TAMAN SISWA MEDAN
adalah bimbingan yang diberikan untuk pengembangan kemampuan bersosialisasi
khususnya kemampuan berkomunikasi individu dan mampu menyesuaikan diri di
kelas, agar dapat mengurangi miscommunication ( kesalahpahaman ) dan tidak
membuat perkelahian antar teman, membully teman. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Penerapan Konseling Analisis Transaksional Dapat
Mengurangi Miscommunication Siswa Kelas X Di SMK TAMAN SISWA
MEDAN Tahun Ajaran 2017/2018. Dalam penerapan konseling analisis
transaksional, konselor bertugas untuk menggali permasalahan klien secara
mendalam. Di dalam kelompok siswa tidak hanya berinteraksi dengan konselor
saja, akan tetapi memalui permainan peran. Dimana didalam konseling analisis
transaksioanl konselor dapat menuntaskan masalahnya dengan keputusan dari
individu tersebut, karena konseling analisis transaksional menekankan bahwa
manusia bisa berubah apabila ada kemauan yang tumbuh dalam dirinya. Adapun
sebagai subjek penelitian ini adalah saya sendiri sebagai peneliti dan objeknya
adalah 8 orang Siswa kelas X SMK TAMAN SISWA MEDAN yang memiliki
masalah miscommunication ( kesalahpahaman ). Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan layanan ( kualitatif ).