Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/30026
Title: UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BAGIAN TUBUH TUMBUHAN MELALUI MEDIA SKETCHFAB DI KELAS IV C MIS AISYIYAH WIL.SUMUT
Authors: NURLELI, DINDA
Keywords: Peningkatan Hasil Belajar;Media Pembelajaran 3D Interaktif
Issue Date: 13-Sep-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan menganalisis efektivitas penerapan media pembelajaran Sketchfab (model 3D interaktif) sebagai solusi inovatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan subjek 27 siswa kelas IV C MIS Aisyiyah Wil, Sumut. Keberhasilan tindakan diukur melalui persentase ketuntasan klasikal, dengan target minimal 85% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda (mengukur kognitif) dan lembar observasi (mengukur aktivitas siswa dan guru). Hasil menunjukkan peningkatan signifikan. Pada Siklus I, ketuntasan klasikal baru mencapai 44% (12 siswa tuntas), yang belum memenuhi target. Refleksi mengindikasikan perlunya perbaikan pada manajemen waktu dan interaksi model 3D. Setelah perbaikan diterapkan di Siklus II, terjadi peningkatan tajam, di mana 89% siswa (24 siswa) mencapai KKM. Angka ini telah melampaui kriteria keberhasilan (85%) dan didukung oleh peningkatan aktivitas, antusiasme siswa, serta efektivitas pengelolaan pembelajaran oleh guru. Kesimpulan penelitian ini menegaskan bahwa penggunaan media pembelajaran Sketchfab terbukti efektif dan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi Bagian Tubuh Tumbuhan. Media ini dianggap memfasilitasi pemahaman konsep secara mendalam karena menawarkan pengalaman belajar yang visual, interaktif, dan nyata.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/30026
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI DINDA NURLELI.pdfFull Text1.81 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.