Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29962Full metadata record
| DC Field | Value | Language |
|---|---|---|
| dc.contributor.author | Tambunan, M. Ikhwan Jubaidi | - |
| dc.date.accessioned | 2025-11-08T09:25:48Z | - |
| dc.date.available | 2025-11-08T09:25:48Z | - |
| dc.date.issued | 2025-08-26 | - |
| dc.identifier.uri | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29962 | - |
| dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak penerapan modul pembelajaran berbasis Understanding by Design (UbD) terhadap tingkat keaktifan siswa di Sanggar Belajar Kepong, Malaysia. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest pada satu kelompok. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa di Sanggar Belajar Kepong, yang berjumlah 15 orang, dengan pengambilan sampel secara purposive. Instrumen yang digunakan berupa 15 soal pilihan ganda yang dirancang untuk mengukur keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya materi cerita rakyat. Data dianalisis melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogeneity, dan pengujian hipotesis. Hasil studi menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada tingkat keaktifan siswa sebelum dan setelah penggunaan modul berbasis UbD, dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Penerapan model ini terbukti mampu meningkatkan keaktifan siswa pada lima aspek utama: interaksi dengan guru, keterlibatan dalam diskusi, partisipasi aktif dalam kelompok, keberanian menjawab pertanyaan, serta usaha menyelesaikan tugas. Temuan ini memperkuat bahwa penggunaan modul berbasis UbD adalah solusi yang efektif untuk meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. | en_US |
| dc.publisher | UMSU | en_US |
| dc.subject | Modul Ajar | en_US |
| dc.subject | Understanding by Design | en_US |
| dc.subject | Minat Siswa | en_US |
| dc.subject | Pembelajaran Bahasa Indonesia | en_US |
| dc.title | Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Di Sanggar Bimbingan Belajar Kampung Baru Malaysia | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| Appears in Collections: | Primary Teacher Education | |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| Ikhwan Artikel.pdf | Full Text | 14.85 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.