Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29903| Title: | PENANAMAN NILAI MORAL MELALUI DONGENG SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PADA SISWA SD SWASTA HARAPAN SAKTI KABUPATEN DELI SERDANG |
| Authors: | MUTIA, LAINA |
| Keywords: | Dongeng;Media Komunikasi;Nilai Moral |
| Issue Date: | 28-Aug-2025 |
| Publisher: | UMSU |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan dongeng sebagai media komunikasi dapat berperan dalam penanaman nilai moral pada siswa SD Swasta Harapan Sakti Kabupaten Deli Serdang. Dongeng tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga media edukatif yang mampu menyampaikan pesan pesan moral secara halus dan menyentuh. Melalui kegiatan mendongeng yang rutin dilaksanakan setiap hari Selasa, guru menyampaikan cerita-cerita pilihan yang mengandung nilai karakter seperti kejujuran, tanggung jawab, empati, dan sopan santun. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari enam guru kelas I hingga kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dongeng yang disampaikan secara komunikatif, baik secara verbal maupun nonverbal, dapat membentuk kesadaran moral siswa dan mendorong perubahan perilaku positif. Proses komunikasi yang terbangun antara guru dan siswa dala2m kegiatan mendongeng juga menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan bermakna. Dengan demikian, dongeng sebagai media komunikasi terbukti efektif dalam mendukung proses penanaman nilai moral di lingkungan sekolah dasar. Penerapan metode ini dapat menjadi strategi pembelajaran karakter yang sederhana namun berdampak kuat dalam membentuk kepribadian anak. |
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29903 |
| Appears in Collections: | Communication Studies |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| Tugas Akhir Mutia Laina ( 2103110304).pdf | Full Text | 3.47 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.