Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29862| Title: | STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI AGAMA PADA SISWA MULTIKULTURAL DI SMK SINGOSARI DELITUA |
| Authors: | PADLY, MUHAMMAD |
| Keywords: | Strategi Pembelajaran;Pendidikan Agama Islam |
| Issue Date: | 22-Aug-2025 |
| Publisher: | umsu |
| Abstract: | Penelitian ini membahas strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam upaya meningkatkan literasi agama pada siswa multikultural di SMK Singosari Delitua. Latar belakang penelitian ini berangkat dari kondisi keberagaman siswa yang memiliki latar budaya dan pemahaman agama berbeda, sehingga diperlukan pendekatan yang tepat agar pembelajaran tetap efektif dan mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan secara komprehensif. Fokus utama penelitian ini adalah menggali strategi pembelajaran yang tidak hanya bersifat transfer ilmu, tetapi juga mampu membentuk sikap religius, toleransi, dan keterampilan berpikir kritis siswa terhadap perbedaan. Metode penelitian yang digunakan mengombinasikan studi kepustakaan dan analisis kontekstual terhadap praktik pembelajaran di sekolah, dengan menekankan pada pendekatan pedagogis, andragogis, serta penerapan model pembelajaran aktif. Strategi pembelajaran yang dipilih mencakup penggunaan metode diskusi, studi kasus, pembiasaan ibadah, serta pemanfaatan media digital dalam menyampaikan materi Pendidikan Agama Islam. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan partisipasi siswa, memperkaya pemahaman, dan menumbuhkan keterampilan literasi agama dalam konteks multikultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran yang variatif dan kontekstual mampu meningkatkan literasi agama siswa secara signifikan. Siswa tidak hanya memahami ajaran Islam secara teoritis, tetapi juga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam interaksi dengan teman sebaya yang berbeda latar belakang. Dengan demikian, strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berperan penting dalam membentuk generasi yang berakhlak, toleran, serta siap menghadapi tantangan kehidupan multikultural di era globalisasi. |
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29862 |
| Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| 2101020103 - Skripsi Muhammad Padly.pdf | Full Text | 2.81 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.