Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29760| Title: | PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI CELL PADA PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS IV SDN 101849 DESA SUKA MAKMUR |
| Authors: | DINDA, RAMADHANI NST |
| Keywords: | Pengembangan;Video Animasi Cell;ADDIE |
| Issue Date: | 9-Sep-2025 |
| Publisher: | UMSU |
| Abstract: | Penelitian ini merupakan bentuk studi pengembangan (Research and Development) yang bertujuan menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran “Video animasi Cell ” untuk mendukung proses pembelajaran IPAS pada siswa kelas IV SDN 101849 Desa Suka Makmur. Latar belakang dari penelitian ini ialah kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Dalam upaya meningkatkan pembelajaran IPAS, dikembangkan media pembelajaran Video Animasi Cell sebagai alat bantu dalam proses pengajaran. Pengembangan media ini mengikuti model pengembangan yang digunakan dalam peelitian ini adalah ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan utama: Analisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek dalam penelitian ini melibatkan satu orang guru wali kelas serta 25 siswa kelas IV sebagai responden. Instrument yang digunakan berupa angket, dengan instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket validasi yang ditujukan kepada tiga orang ahli serta angket kepraktisan yang diberikan kepada guru dan peserta didik. Temuan penelitian menunjukkan media pembelajaran Video Animasi Cell layak digunakan dalam pembelajaran, dengan memperoleh rata-rata nilai 89% dari validator ahli desain media (kategori layak), 88% dari validator ahli bahasa (kategori layak digunakan), dan 95% dari validator ahli materi (kategori layak digunakan). Sedangkan untuk kepraktisan, media memperoleh rata-rata sebesar 96% diperoleh dari tanggapan guru (kategori praktis digunakan. Sementara itu, respon dari siswa mencapai 97% (kategori praktis digunakan). Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan media pembelajaran video animasi Cell terbukti memenuhi kriteria kelayakan dan kepraktisan, sehingga sesuai untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran ditingkat Sd. |
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29760 |
| Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| CD dinda salinan.pdf | Full Text | 2.16 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.