Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29662
Title: ANALISIS MODEL KOMUNIKASI PT. IMAJI INTERAKTIF MEDIA DALAM MEMPERTAHANKAN PELANGGAN YANG BERKELANJUTAN
Authors: ABDI, EZRA HAIKAL
Keywords: Model Komunikasi;Pelanggan Berkelanjutan
Issue Date: 28-Aug-2025
Publisher: umsu
Abstract: Latar belakang penelitian ini berfokus pada pentingnya strategi komunikasi dalam membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan di tengah persaingan industri agensi kreatif yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model komunikasi yang diterapkan oleh PT. Imaji Interaktif Media dalam mempertahankan pelanggan yang berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari pimpinan, pegawai, dan pelanggan loyal. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan menggunakan model komunikasi Harold Lasswell dengan pendekatan yang fleksibel, personal, dan adaptif, menggunakan media seperti WhatsApp, email, Zoom, dan tatap muka. Komunikasi yang dibangun memberikan dampak positif terhadap loyalitas pelanggan melalui aspek pembelian ulang (rebuy), kesetiaan (retention), dan rekomendasi (referral). Komunikasi yang efektif terbukti menjadi kunci dalam menjaga keberlanjutan hubungan dengan pelanggan.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29662
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI EZRA HAIKAL ABDI.pdfFull Text1.93 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.