Please use this identifier to cite or link to this item:
                
    
    http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29603| Title: | ANALISIS POLA PARKIR KENDARAAN DI JALAN PASAR 7 TEMBUNG TERHADAP KEMACETAN ARUS LALU LINTAS (Studi Kasus) | 
| Authors: | Chairi, Fadlan Hanafiah | 
| Keywords: | Parkir di Badan Jalan;Arus Lalu Lintas;Hambatan Samping;Kinerja Lalu Lintas | 
| Issue Date: | 26-Aug-2025 | 
| Publisher: | UMSU | 
| Abstract: | Parkir kendaraan di badan jalan merupakan salah satu faktor yang signifikan dalam menurunkan kinerja lalu lintas, khususnya pada kawasan pasar tradisional yang memiliki intensitas aktivitas tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola parkir kendaraan di Jalan Besar Tembung Pasar 7, Kecamatan Percut Sei Tuan, serta mengevaluasi dampaknya terhadap karakteristik arus lalu lintas. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan survei lapangan, meliputi pencatatan manuver kendaraan saat masuk dan keluar parkir, pengukuran durasi manuver, serta penghitungan volume dan kecepatan lalu lintas pada kondisi eksisting. Data yang diperoleh kemudian dianalisis untuk mengetahui keterkaitan antara aktivitas parkir dengan kinerja lalu lintas yang ditinjau dari kecepatan, volume, dan kerapatan arus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata durasi manuver masuk parkir berada pada kisaran 6,6 – 13,9 detik, sedangkan durasi manuver keluar parkir mencapai 9,3 – 23,4 detik. Aktivitas ini terbukti menurunkan kecepatan kendaraan, khususnya pada jam puncak, dengan kecepatan rata-rata 21,04 km/jam dan LHR sebesar 2069 Kend/jam. Selain itu, kerapatan lalu lintas meningkat hingga 25,06 smp/km dengan hambatan samping mencapai 573,2 kejadian/jam. Fenomena parkir sembarangan serta parkir paralel yang tidak sesuai dengan pola yang ditetapkan pemerintah daerah memperparah gangguan arus lalu lintas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa aktivitas parkir di badan jalan pada lokasi penelitian memiliki pengaruh nyata terhadap penurunan kinerja lalu lintas, sehingga diperlukan pengelolaan parkir yang lebih teratur serta penegakan aturan untuk mengurangi hambatan samping. | 
| URI: | http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29603 | 
| Appears in Collections: | Civil Engineering | 
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| Chairi Fadlan Hanafiah.pdf | Full Text | 2.17 MB | Adobe PDF | View/Open | 
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.

