Abstract:
Kepuasan Pelanggan dapat diartikan sebagai tingkat perasaan dimana seseorang menyatakan
hasil perbandingan atas kinerja produk jasa yang diterima dengan yang diharapkan. Kepuasan
Pelanggan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya Kualitas Pelayanan dan Harga.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan dan harga
terhadap kepuasan pelanggan pada toko ritel Medan Mart. Sampel yang diambil 80
responden dengan menggunakan teknik accidental sampling yaitu teknik penentuan sampel
secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sampel, apabila orang yang
ditemui cocok sebagai sumber data.sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara(interview) dan kuisioner (angket) lalu uji validitas dan Reliabilitas. Teknik
analisis data yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji f.
Dan koefisien Determinasi.
Berdasarkan hasil penguji secara individual pengaruh kualitas pelayanan t 0,732
sementarat 1.991 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,156>0,05 dapat
disimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif kepada kepuasan pelanggan.
Pengaruh harga d t sebesar 2.601 sementara t sebesar 1.991 dan mempunyai nilai
signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa Harga berpengaruh positif kepada
Kepuasan Pelanggan. nilai F 4.734>F 3,12 dengan tingkat signifikan sebesar
0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan ada pengaruh yang signifikan
antara Kualitas pelayanan dan Harga terhadap kepuasan Pelanggan pada Toko Ritel Medan
Mart. Nilai Adjusted R aquare diperoleh sebesar 0,110 atau 11,0% hal ini menunjukan bahwa
kontribusi variabel bebas (Kualitas Pelayanan dan harga) terhadap variabel terikat (Kepuasan
Pelanggan) sebesar 11,0% sisanya 89,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
dalam penelitian ini.