Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29446
Title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN (RME) REALISTIS MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SD PAB 12 SAMPALI
Authors: -, DIANA
Keywords: Pengaruh Model Pembelajaran;Motivasi Belajar
Issue Date: 12-May-2025
Publisher: umsu
Abstract: Dengan rata-rata pengaruh model pembelajaran RME (Realistis Mathematic education) menggunakan media stik di SD PAB 12 Sampali siswa SD PAB 12 Sampali adalah 100 terletak pada sebelum ngajar menggunakan media nilai interval dibawah 50. Dari penghitungan prestasi belajar matematika SD PAB 12 Sampali Tahun Ajaran 2025-2026 diperoleh nilai dalam kategori “ cukup dan sangat memuaskan “.Dengan rata-rata motivasi belajar Matematika adalah dibawah 50 terletak pada sesudah menggunakan media stik es krim interval diatas 100. Model pembelajaran RME (Realistis Mathematic Education) di SD PAB 12 Sampali berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar Matematika siswa SD PAB 12 Sampali. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan nilai regresi (F reg) sebagaimana telah diketahui, yaitu 100. Dengan demikian maka F reg >F0,01(100)dan F0, 05>(100).Hal ini menunjukkan adanya nilai signifikansi. Ini berarti ada pengaruh positif yang signifikan antara model pembelajaran (RME) Realistis Mathematic education di SD PAB 12 Sampali terhadap motivasi belajar Matematika siswa pada taraf 2% dan 4% (<75%) artinya semakin tinggi model pembelajaran (RME) Realistis Mathematic Education di SD PAB 12 Sampali, maka semakin Tinggi pula motivasi belajar Matematika siswa. Sebaliknya semakin rendah model pembelajaran (RME) Realistis Mathematic Education) di SD PAB 12 Sampali, maka semakin rendah pula motivasi belajar Matematika siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif model pembelajaran (RME) Realistis Mathematic Education) di SD PAB 12 Sampali terhadap motivasi belajar Matematika siswa SD PAB 12 Sampali
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29446
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
DOC-20251014-WA0002^.pdfFull Text6.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.