Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29330
Title: Pola Komunikasi Guru Dalam Mengatasi Aprehensi Pada Siswa SMA Negeri 3 Tanjungbalai
Keywords: Pola Komunikasi;Guru;Aprehensi
Issue Date: 28-Aug-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi guru dalam mengatasi pemahaman Aprehensi (kecemasan berkomunikasi) yang dialami siswa SMAN 3 selama proses pembelajaran berlangsung. Aprehensi komunikasi merupakan hambatan psikologis yang dapat mengganggu partisipasi aktif siswa di kelas. Guru sebagai aktor utama dalam proses belajar mengajar memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan komunikasi yang mendukung keberanian dan kenyamanan siswa dalam menyampaikan pendapat. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap guru dan siswa kelas XI dan XII di SMA Negeri 3 Tanjungbalai. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teori komunikasi pendidikan dari Talgu et al. (2025), yang mengklasifikasikan peran guru komunikasi ke dalam lima kategori: sebagai pengelola, pengarah, penyampai informasi, penyedia dukungan, dan penggerak semangat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan pola komunikasi yang adaptif dan mendukung psikologis siswa. Guru sebagai pengelola menciptakan suasana kelas yang nyaman; sebagai pengarah memberikan arahan dan motivasi; sebagai penyampai informasi menyampaikan materi secara jelas dan menarik; sebagai penyedia dukungan membangun hubungan emosional; dan sebagai penggerak semangat memotivasi siswa untuk lebih percaya diri. Pola-pola ini secara signifikan membantu siswa mengatasi rasa takut, cemas, dan ragu dalam berkomunikasi di kelas.
URI: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/29330
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI ARDIANSYAH 2103110265.pdfFull Text5.96 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.