Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/29002
Title: ANALISIS KOMUNIKASI TRANSAKSIONAL BARNLUND DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA DI SMA HARAPAN 1 MEDAN
Authors: WICAKSANA, WIDO SATYA
Keywords: Komunikasi Transaksional Barnlund;Konsentrasi Belajar Siswa
Issue Date: 13-Sep-2025
Publisher: umsu
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi transaksional Barnlund dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa di SMA Harapan 1 Medan. Fenomena rendahnya konsentrasi belajar siswa menjadi permasalahan penting dalam dunia pendidikan, khususnya di tingkat sekolah menengah. Komunikasi transaksional Barnlund digunakan sebagai kerangka teori untuk melihat interaksi dinamis antara guru dan siswa yang berlangsung dua arah dan simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan komunikasi transaksional Barnlund dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memperkuat pemahaman materi, serta mendorong terciptanya iklim belajar yang lebih interaktif. Meskipun demikian, masih terdapat hambatan berupa kurangnya motivasi sebagian siswa, keterbatasan sarana pendukung, dan gaya komunikasi guru yang belum sepenuhnya adaptif terhadap karakteristik siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi transaksional memiliki peran penting dalam meningkatkan konsentrasi belajar, sehingga disarankan agar guru lebih mengoptimalkan penerapan prinsip komunikasi ini dalam kegiatan pembelajaran.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/29002
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TUGAS AKHIR_WIDO SAYTA WICAKSANA_2103110137.pdfFull Text2.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.