Please use this identifier to cite or link to this item:
http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28991| Title: | PENDEKATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI MTS ‘AISYIYAH SUMATERA UTARA |
| Authors: | NOER, DJANIUS SAHFITRI |
| Keywords: | Pendekatan Guru;Pembelajaran Kemuhammadiyahan;Kontekstual;Humanistik;Karakter |
| Issue Date: | 13-Aug-2025 |
| Publisher: | UMSU |
| Abstract: | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan di MTs ‗Aisyiyah Sumatera Utara, metode dan strategi yang diterapkan, serta tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, kepala sekolah, dan siswa, serta observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan pendekatan kontekstual dan humanistik dalam menyampaikan materi Kemuhammadiyahan. Metode pembelajaran yang dominan meliputi ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, keteladanan, dan praktik langsung. Strategi kreatif seperti penggunaan media visual dan pembelajaran berbasis proyek juga diterapkan untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Adapun tantangan yang dihadapi guru mencakup keterbatasan waktu, kurangnya minat siswa, dan keterbatasan media pembelajaran. Guru berupaya mengatasinya dengan mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa serta menciptakan suasana pembelajaran yang partisipatif dan bermakna. |
| URI: | http://localhost:8080/handle/123456789/28991 |
| Appears in Collections: | Islamic Education |
Files in This Item:
| File | Description | Size | Format | |
|---|---|---|---|---|
| SKRIPSI NOER DJANIUS SAHFITRI.pdf | Full Text | 3.14 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.