Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28991
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorNOER, DJANIUS SAHFITRI-
dc.date.accessioned2025-10-11T04:58:53Z-
dc.date.available2025-10-11T04:58:53Z-
dc.date.issued2025-08-13-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28991-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan di MTs ‗Aisyiyah Sumatera Utara, metode dan strategi yang diterapkan, serta tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru, kepala sekolah, dan siswa, serta observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan pendekatan kontekstual dan humanistik dalam menyampaikan materi Kemuhammadiyahan. Metode pembelajaran yang dominan meliputi ceramah interaktif, diskusi kelompok, studi kasus, keteladanan, dan praktik langsung. Strategi kreatif seperti penggunaan media visual dan pembelajaran berbasis proyek juga diterapkan untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Adapun tantangan yang dihadapi guru mencakup keterbatasan waktu, kurangnya minat siswa, dan keterbatasan media pembelajaran. Guru berupaya mengatasinya dengan mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa serta menciptakan suasana pembelajaran yang partisipatif dan bermakna.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectPendekatan Guruen_US
dc.subjectPembelajaran Kemuhammadiyahanen_US
dc.subjectKontekstualen_US
dc.subjectHumanistiken_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.titlePENDEKATAN GURU DALAM PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI MTS ‘AISYIYAH SUMATERA UTARAen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NOER DJANIUS SAHFITRI.pdfFull Text3.14 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.