Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/28986
Title: STRATEGI KOMUNIKASI DISDUKCAPIL KABUPATEN SERDANG BEDAGAI DALAM PROGRAM PAK CEPAT YANLING (PAKET CETAK DI TEMPAT PELAYANAN KELILING)
Authors: MUHAMMAD RIFKI, AZIZI RITONGA
Keywords: Strategi Komunikasi;Disdukcapil;Program PAK CEPAT YANLING
Issue Date: 28-Aug-2025
Publisher: UMSU
Abstract: Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Disdukcapil Kabupaten Serdang Bedagai dalam Program PAK CEPAT YANLING (Paket Cetak di Tempat Pelayanan Keliling). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Serdang Bedagai dalam melayani perekaman dan pencetakan e-KTP bagi pelajar SMA/sederajat pada program PAK CEPAT YANLING. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan pihak Disdukcapil yaitu sekretaris, petugas lapangan, dan pelajar yang menjadi target sasaran program. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Disdukcapil dalam program PAK CEPAT YANLING menggunakan strategi penetapan komunikator dengan berdasarkan pengalaman dan kemampuan komunikasi yang kredibel. Strategi dalam penetapan target sasaran dengan menentukan sasaran yang spesifik, terutama pelajar SMA/Sederajat. Strategi dalam penetapan pesan dengan menyusun pesan yang kolaboratif dan edukatif. Pemilihan media yang menjadi sumber utama informasi sasaran anak SMA yaitu media sosial Instagram. Program PAK CEPAT YANLING sangat dimanfaatkan dan dibutuhkan oleh pelajar maupun masyarakat.
URI: http://localhost:8080/handle/123456789/28986
Appears in Collections:Communication Studies

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI MUHAMMAD RIFKI AZIZI RITONGA.pdfFull Text10.36 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.