Abstract:
Penelitian ini bertujuan untik menguji dan menganalisis Pengaruh
Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility pada Perusahaan
Manufaktur subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek
Indonesia Periode 2013-2017. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar kontribusi variabel bebas Return On Asset, Return On Equity dan Net Profit Margin mempengaruhi Corporate Social Responsibility.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur subsektor
Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang berjumlah 18 perusahaan. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive
sampling, sehingga sampel yang diperoleh berjumlah 7 perusahaan. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik analisis data yang digunakan adalah
regresi linier berganda yang sebelumnya di uji dengan uji asumsi klasik.
Kemudian dilakukan uji t dan uji f, dan koefisien determinasi. Pengelolaan data
dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS versi 16 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Return on Asset
berpengaruh negativ signifikan terhadap Corporate Social Responsibility, Return On Equity tidak berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility dan Net Profit Margin tidak berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility. Secara simultan Return On Asset, Return On Equity dan Net Profit Margin tidak berpengaruh terhadap Corporate Social Resposibility pada Perusahaan Manufaktur subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.