Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/28931
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorJAMIL, NURUL IZZAH SAJIDAH-
dc.date.accessioned2025-10-09T03:08:32Z-
dc.date.available2025-10-09T03:08:32Z-
dc.date.issued2025-08-14-
dc.identifier.urihttp://localhost:8080/handle/123456789/28931-
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Wordwall terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadis di SMP Muhammadiyah 4 Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experimental design) dan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh di SMP Muhammadiyah 4 Medan. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan (penggunaan media Wordwall dalam pembelajaran). Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon Signed-Rank Test untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media Wordwall. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi (Asymp. Sig. 2-tailed) sebesar < 0,001, yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Artinya, penggunaan media Wordwall dalam pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis di SMP Muhammadiyah 4 Medan.en_US
dc.publisherumsuen_US
dc.subjectpengaruhen_US
dc.subjectmedia Wordwallen_US
dc.titlePENGARUH MEDIA WORDWALL TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI SMP MUHAMMADIYAH 4 MEDANen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
SKRIPSI NURUL IZZAH SAJIDAH JAMIL.pdfFull Text5.48 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.